0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dipakai Selfie, Kebun Raya Baturraden Rusak

merdeka.com
(merdeka.com)

Timlo.net – Sejumlah tanaman hias di Kebun Raya Baturraden, kabupaten Banyumas rusak. Ditengarai, rusaknya tanaman akibat ulah pengunjung yang melakukan selfie di kawasan itu.

Informasi soal rusaknya tanaman di Kebun Raya Baturraden membikin miris para pengguna media sosial. Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Baturaden, Ammy Rita Manulu mengatakan, akibat swafoto memang membikin tanaman di Kebun Raya Baturraden rusak.

“Sebetulnya itu, (taman bunga) baru dibangun tahun ini dan masih dalam masa pemeliharaan. Nantinya, akan diganti tanaman itu yang rusak,” kata Ammy saat dihubungi, Senin (28/12).

Ammy mengemukakan, tanaman itu saat ini masih bisa dikembangkan dan dibibitkan lagi. Diakuinya, saat musim libur seperti ini, banyak pengunjung singgah ke Kebun Raya Baturraden, sehingga diperlukan antisipasi khusus.

“Pada musim libur ini, antisipasinya kami akan memasang penjagaan khusus di wilayah itu. Sebetulnya itu, (taman bunga) biayanya dari Kementerian PU dan belum serah terima kepada kebun raya. Namun, kami tetap berkewajiban menjaga. Jadi kami tetap, khususnya di musim libur ini, akan perketat penjagaan dan kami akan pasang pagar,” ujar Ammy.

Kebun Raya Baturraden baru diresmikan beberapa waktu lalu oleh Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia, Megawati Soekarnoputri, bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Aksi selfie yang membikin rusak tanaman di Kebun Raya Baturraden, diunggah pengunjung beberapa waktu lalu melalui media sosial dan memunculkan kecaman luas. Aksi selfie yang berbuntut pada rusaknya bunga amarilis juga pernah terjadi di Gunung Kidul, Yogyakarta.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge