0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Penghujan, Relawan PMI Siaga Bencana

dok.timlo.net/nanang rahadian
Kantor Pusat PMI Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Memasuki musim penghujan, ratusan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Karanganyar disiagakan untuk mengantisipasi bencana alam. Relawan tersebut tersebar di 17 kecamatan yang ada di Karanganyar dengan keahlian sesuai dengan karakteristik bencana masing-masing daerah.

”Sukarelawan PMI Karanganyar, saat ini berjumlah ribuan. Untuk KSR, tercatat ada 200 sukarelawan yang tersebar di 17 kecamatan,” kata Arianto, Staf PMI Karanganyar, Sabtu (26/12).

Untuk melatih kecakapan para relawan ini, lanjut Arianto, pihaknya melakukan melakukan pelatihan terhadap 20 relawan inti, yang nantinya akan memberikan pelatihan kepada para relawan di daerah. Melalui pelatihan ini diharapkan ke depan peserta pelatihan lebih bersinergi dengan warga dalam menghadapi bencana dan penanganan tanggap darurat. Saat ini kualitas dan kecepatan respon PMI dalam menghadapai setiap situasi tangap darurat sangat diutamakan.

”Kami sudah melakukan koordinasi dengan seluruh relawan yang ada dengan basic masing-masing dan mereka siap terjun untuk menghadapi kemungkinan terburuk saat musim hujan ini,” jelasnya.

Selain itu, Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) bentukan PMI yang tersebar di seluruh wilayah juga siap untuk membangun komunikasi dan jejaring dengan masyarakat. Mereka juga siap melakukan aksi terpadu bersama PMI untuk meminimalisir segala bentuk kemungkinan yang bisa terjadi.

”Kecepatan responsif akan selalu kami utamakan untuk kepentingan masyarakat. Karena hal tersebut merupakan pertanggungjawaban kami kepada masyarakat,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge