0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Liburan Sekolah, Load Factor Bus Meningkat Tajam

Musim liburan sekolah, penumpang bus meningkat (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Tingkat keterisian penumpang angkutan darat, khususnya bus dari berbagai tujuan meningkat tajam sejak beberapa hari terakhir. Meningkatnya load factor tersebut karena dipengaruhi oleh liburan anak sekolah yang bertepatan dengan momen akhir tahun.

“Jika dibandingkan kondisi sebelumnya, peningkatan load factor saat ini mencapai 50 persen lebih,” ujar Ketua Organda Solo, Joko Suprapto saat dihubungi Timlo.net, Minggu (17/12).

Dikatakan, rata-rata load factor untuk berbagai tujuan seperti Solo-Jakarta, Solo-Surabaya dan sebaliknya saat ini mencapai 90 persen. Padahal kondisi sebelumnya, ia mengaku load factor penumpang hanya mencapai 40 persen.

“Mungkin karena adanya liburan anak sekolah ini. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perjalanan wisata ataupun mudik,” jelasnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan kepada penumpang. Joko menyampaikan sejumlah perusahaan bus telah mengerahkan semua armada yang dimiliki. Lantaran musim liburan, ia juga mengaku jika tarif yang diberlakukan saat ini menggunakan mekanisme pasar atau tarif batas atas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge