0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

RJ Lino Dicopot, Pekerja JICT Cukur Rambut Massal

merdeka.com
Pelabuhan Pelindo-JICT (merdeka.com)

Timlo.net — Ratusan pekerja Jakarta International Container Terminal (JICT) mencukur rambut secara massal. Ini sebagai ungkapan syukur seusai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan RJ Lino sebagai tersangka korupsi pengadaan quay container crane (QCC) pada 2010.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Saiq Iqbal mengatakan banyak pekerja mendapat tekanan saat aktif mengusut kasus korusi mantan bos Pelindo II tersebut.

“Saya kira itu merupakan bagian dari resiko perjuangan kawan-kawan semua. Banyak teman teman yang kemarin kasih data dan lapor ke kuningan (KPK) dikasih penurunan jabatan,” ujar Said Iqbal, di Jakarta, kemarin.

Selain itu, pekerja juga diancam mutasi ke tempat tak diinginkan.

“Kalau demosi sudah biasa dikasih tempat yang tak ada pekerjaannya, yah kalau bisa dibilang cuma absen kerja saja,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini, anggota dewan direksi Pelindo II juga masih ada yang menekan serikat pekerja. Menyusul laporan serikat pekerja terkait dugaan korupsi di tubuh perusahaan pelat merah tersebut.

“Di lempar divisinya, dikurangi gajinya, ini kami protes dengan sikap yang seperti ini, Pemerintah harus melindungi buruh, karena serikat ini ingin menegakkan peraturan. Kami memang sengaja tak melapor ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) karena ini merupakan bagian dari sebuah perjuangan,” katanya.

[yud]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge