0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemeliharaan Terminal Tak Dapat Anggaran

timlo.net/nanang rahadian
Terminal Tegalgede Karanganyar (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sebanyak 11 terminal di Kabupaten Karanganyar dapat anggaran pemeliharaan pada APBD 2016. Meski begitu Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) menilai kebutuhannya belum mendesak.

“Kondisi 11 terminal yang tersebar di 17 kecamatan cukup layak,” kata Kepala Bidang Perhubungan Dishubkominfo, Rusdiyanto, Sabtu (26/12).

Rusdiyanto mengatakan 11 terminal itu terdiri delapan terminal tipe C dan empat terminal tipe B. Adapun pemeliharaan terminal di tahun 2015 meliputi penggantian atap Terminal Gondangrejo Rp 75 juta. Kemudian pembiayaan empat terminal lain Rp 120 juta, seperti pengecatan ulang dan perbaikan ruang tunggu di Terminal Jenawi, Tegalgede, Jungke dan Ngargoyoso. Meski pemeliharaan terminal tak dianggarkan di 2016, namun ia meminta UPTD terminal melaporkan kondisi terakhir fasilitas tersebut sebagai modal pengajuan anggaran di APBD perubahan.

“Dana yang tersedia hanya Rp 7,5 juta untuk pengecatan. Tentunya tidak akan cukup jika dipakai pemeliharaan,” katanya.

Rusdiyanto mengatakan, tidak adanya anggaran pemeliharaan terminal bersumber APBD kabupaten tidak terlepas dari rencana Pemprov Jawa Tengah mengambilalih pengelolaannya, terutama terminal tipe B. Di Karanganyar, terminal tipe B meliputi Terminal Tawangmangu, Matesih, Tegalgede dan Palur.

“Kita dibatasi sampai 1 Oktober 2016 untuk menyelesaikan verifikasi dan audit personel atau seumber daya manusia (SDM), pembiayaan, peralatan/aset dan dokumentasi (P3D) empat terminal itu,” kata Rusdiyanto.

Sementara itu, Kepala UPTD Terminal Tawangmangu, Wisoto mengatakan bangunan utama masih bagus seperti kantor dan ruang kontrol. Sedangkan 68 kios di Terminal Tawangmangu juga layak pakai.

“Area parkir mampu menampung belasan bus dan angkot. Sedangkan fasilitas kios dipelihara masing-masing penyewa. Retribusi sewa Rp 55 ribu per bulan belum mengalami kenaikan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge