0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pimpinan Parpol KSB, Isyaratkan Koalisi Dibubarkan

Deklarasi Koalisi Solo Bersama (KSB) (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Koalisi Solo Bersama (KSB) yang mengusung pasangan Anung Indro Susanto – M Fajri (AFi) mengisyaratkan bakal bubar. Sejumlah pimpinan parpol anggota KSB menyatakan tidak akan membawa KSB dalam koalisi permanen di DPRD Solo. KSB terdiri enam parpol yakni PKS, PAN, Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

“Sampai saat ini belum ada komunikasi antar parpol yang mengusung AFi apakah dilanjut atau bubar. MoU kemarin, KSB hanya di Pilkada 2015,” kata Sekretaris KSB yang juga Sekretaris DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto kepada wartawan, Minggu (27/12).

Meski belum ada keputusan akan lanjut atau tidak, Supriyanto pesimis KSB akan berlanjut dalam koalisi di DPRD Solo lima tahun kedepan. Melihat sikap-sikap fraksi partai anggota KSB selama ini, koalisi KSB sulit dilanjutkan untuk mengimbangi dominasi Fraksi PDIP.

“Saya sudah tahu persis mereka (fraksi partai KSB). Menjalin koalisi di parlemen butuh kerja keras. Saya ketua fraksi sudah pengalaman selama 12 tahun. Kami melihatnya susah untuk dapat konsisten menjalankan koalisi di DPRD. Sebenarnya jika bisa menjadi penyeimbang lebih baik,” ujar Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat (F-DNR) ini.

Sementara, Ketua DPD PKS Solo, Abdul Ghofar Ismail mengatakan Pilkada merupakan momen lima tahunan. Dengan demikian, koalisi yang dibentuk sifatnya cair dan bisa berubah-ubah.

“Apa kalau pimpinan dewan membuat keputusan saya menentang terus karena KSB? Kan tidak begitu. Kalau dipaksakan begitu yang dirugikan pasti masyrakat,” kata Ghofar yang juga Wakil Ketua DPRD Solo ini.

Senada, Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim juga menyakan hal serupa. KSB sebaiknya tidak dibawa ke koalisi di legislatif. Kondisi itu diperkuat dengan adanya parpol di KSB yang mengalami dualisme kepengurusan dan dukungan.

“Ada yang di satu sisi mereka berada di pihak kami, di sisi lain pengurus memilih merapat ke sebelah. Ini tentu menyulitkan untuk mempertahankan koalisi,” ungkap dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge