0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angkutan Wisata Andong Malioboro Keruk Untung

merdeka.com
Andong di Malioboro (merdeka.com)

Timlo.net – Ramainya wisatawan di musim liburan ntal dan tahun baru membuat para kusir andong di sepanjang kawasan Malioboro, Yogyakarta kebanjiran rejeki. Dalam sehari, kusir andong bisa membawa pulang uang Rp 500 ribu.

Mugiran (63) salah seorang kusir andong mengatakan, sejak malam Natal para wisatawan sudah mulai ramai di Malioboro. Dia yang biasanya hanya mendapat satu pelanggan dalam sehari, sejak malam Natal dia bisa mengantar dua sampai lima putaran andong.

“Hari biasa, sekali sampai dua kali putaran sudah bagus mas. Ini bisa sampai lima kali,” katanya saat ditemui di Malioboro, Sabtu (26/12).

Sekali putaran rombongan wisatawan Mugiran memasang tarif Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung jarak. Namun biasanya dia menempuh rute di seputaran Kraton Yogyakarta, Tamansari, Malioboro, Alun-alun Utara dan Selatan dan juga pusat oleh-oleh seperti di tempat pembuatan Bakpia.

“Rejeki, alhamdulilah. Lumayan kalau liburan begini, tapi harus ekstra tenaga juga,” tambahnya.

Hal serupa juga diungkapkan Sumantri yang juga kusir andong. Dalam sehari dia bisa membawa pulang uang Rp 500 ribu pada musim liburan seperti sekarang ini.

“Kan nggak setiap hari. Tapi kita juga harus ekstra untuk pakan kuda, supaya tetap kuat. Cuma kemarin itu banyak yang ke pleset di titik nol,” ungkapnya.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge