0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhir Tahun Hotel Full Booking, Malam Tahun Baru Menurun

ilustrasi (Setyo Pujis)

Solo – Liburan akhir tahun yang bersamaan dengan perayaan Natal dan tahun baru berdampak kepada okupansi hotel. Bahkan sejak beberapa hari terakhir, sejumlah hotel di wilayah Solo sudah penuh.

“Sejak 24 hingga 28 Desember ini kita sudah full book. Rata-rata mereka yang menginap adalah tamu dari luar kota,” ujar Sales Manager Hotel Aston Solo, Anggra Rahyu Pratama kepada Timlo.net, Sabtu (26/12).

Dirinya mengatakan, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya tingkat okupansi hotel miliknya saat ini meningkat tajam. Hal itu terjadi karena momen akhir tahun kali ini bersamaan dengan liburan anak sekolah.

“Selain itu mungkin karena Solo sudah menjadi kota destinasi wisata yang tidak kalah populer dengan kota lainya. Kebanyakan tamu yang datang dari kalangan keluarga,” jelasnya.

Kendati demikian, ia mengaku jika untuk pemesanan kamar saat perayaan malam pergantian tahun justru relatif turun. Dari sekitar 168 kamar miliknya, saat ini tingkat okupansinya baru mencapai 50 persen.

“Tapi kalau di Solo trendnya dari tahun lalu memang demikian. Biasanya pemesanan kamar untuk perayaan akhir tahun akan meningkat saat nanti menjelang last minute,” terangnya.

Hal sama juga dirasakan hotel lainya, Direktur of Sales Hotel Lorin Solo, Ady Prabowo menyampaikan jika sampai 27 Desember tingkat okupansi hotel sudah mencapai 100 persen.

“Para tamu yang menginap bervariasi, mulai dari kalangan keluarga hingga grup. Sedangkan 28-30 Desember okupansinya relatif turun,” katanya.

Untuk mempertahankan okupansi yang ada saat ini, Lorin juga telah menyiapkan beberapa paket promo saat tahun baru. Diantaranya menghadirkan penyanyi jebolan Indonesian Idol, Virzha.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge