0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Natal, Kostum Santa Claus Laris Manis

Kostum Santa Claus (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Meski tidak sepopuler di Eropa dan Amerika, namun bisnis satu ini sangat diminati, khususnya di Wonogiri. Ya, saat perayaan Natal kemarin, pemilik persewaan kostum Santa Claus laris manis, sampai-sampai menolak pesanan.

“Banyak sekali yang mau menyewa, mereka pada antri,” ujar perempuan muda pemilik persewaan kostum Santa Claus, Naning (23) warga Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Sabtu (26/12).

Bahkan, saat baru menginjak bulan Desember, kostum Santa Claus laris manis bak kacang goreng di pasar malam. Dikatakan, kostum Santa Claus berbahan bulu tebal velboa (bahan seperti bahan boneka), edang untuk ongkos sewa, dia banderol Rp 200 ribu per tiga hari, lengkap dengan brewok putih khas Santa Claus. Namun akan ada potongan jika penyewa lebih dari dua hari. Itupun, harus jauh-jauh hari sebelumnya memesan, jika tidak kostum itu pasti sudah disewa orang lain. Sebelumnya sempat disewa selama sembilan hari dengan ongkos Rp 500 ribu.

“Mahal, memang karena membuatnyapun juga mahal. Perawatannya pun juga tidak sembarangan. Lagi pula, jarang ada tempat yang menyewakan kostum jenis itu. Apalagi, di Wonogiri, bukan mau semena-mena main harga sewa. Tapi memang karena ongkos produksi dan perawatan yang tidak murah.Perawatannya juga harus khusus, disimpan ditempat khusus, karena dipakainya cuma satu tahun sekali,” terangnya.

Ia menghabiskan biaya Rp 1.2 juta untuk membuat satu set kostum Santa Claus itu. Sulitnya bahan baku dan pernak-perniknya membuat biaya produksinya juga membengkak. Kemudian untuk ukurannya kostum Santa Claus sendiri all size, lebar bahu ± 56 cm, panjang lengan ± 63cm, lingkar celana ± 104 cm bisa diserot jadi kecil dan fleksibel, panjang celana ± 115 cm.

“Mungkin ke depan saya akan  membuat beberapa set kostum Santa Claus lagi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge