0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Natal, 17 Napi Kasus Korupsi di Jabar Terima Remisi

dok.merdeka.com
(Ilustrasi) ruang tahanan (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Sebanyak 276 dari total 13.206 narapidana (Napi) yang menghuni 31 Lapas dan Rutan di Jawa Barat mendapatkan remisi khusus Natal 2015. Napi yang diberi remisi merupakan Napi perkara pidana umum.

“Sebanyak 276 terpidana ditetapkan mendapatkan remisi khusus Natal,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) RI Kanwil Jawa Barat, Agus Toyib, Sabtu (26/12).

Dia menyebutkan, kali ini terpidana yang mendapatkan potongan masa tahanan mayoritas diterima kepada orang-orang yang terjerat kasus pidana umum. Tak cuma itu, terpidana kasus korupsi juga ternyata mendapat remisi.

“Sedangkan sisanya untuk terpidana kasus korupsi itu hanya 17 orang,” ungkapnya.

Pada remisi khusus Natal ini, Agus menjelaskan, para terpidana pidana umum di Lapas se-Jawa Barat, ada yang langsung bebas karena sisa masa tahanannya terpotong.

“Itu ada 25 orang. Itu pidana umum semua. Sedangkan tidak ada yang terpidana kasus korupsi (yang langsung bebas),” jelasnya.

Mengenai aturan, tahap pemberian remisi sendiri sudah berdasarkan PP Nomor 28/2006 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan Hak warga Binaan Kemasyarakatan. Untuk pidana umum minimal menjalani hukuman 6 bulan penjara baru bisa mengajukan remisi.

Meski demikian, syarat penerimaan remisi saat ini berubah berdasarkan PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga Binaan Masyarakat. PP itu menjelaskan terpidana bisa mengajukan apabila sudah membayar denda dan uang pengganti. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge