0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendakian Lawu, Jalur Tahura Masih Ditutup

dok.timlo.net/nanang rahadian
Jalur pendakian Gunung Lawu saat ditutup (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Meski jalur pendakian ke Gunung Lawu dari Cemoro Kandang sudah dibuka, nmun sebaliknya, jalur pendakian melalui Taman Hutan Raya (Tahura) KGPAA Mangkunegoro I belum dibuka karena pertimbangan cuaca dan keamanan jalur.

“Kondisinya belum memungkinkan, selain sangat licin juga rawan longsor,” kata Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Arif Nurjati, saat dihubungi, Jumat (25/12).

Sementara itu, Polisi Kehutanan Tahura KGPAA Mangkunegoro I, Margo Saptono menjelaskan tim belum mengecek dan memastikan keamanan jalur pendakian.

“Kami belum mendapat instruksi dari Bapak Kepala Balai Tahura. Tim akan naik mendata potensi longsor awal Januari. Ini cuaca masih ekstrem. Pemberitahuan berisi larangan masih ditempel di dekat pintu masuk,” tutur Margo saat dihubungi, Sabtu (26/12).

Namun, Margo tidak melarang apabila pendaki ingin melewati jalur pendakian Tahura. Dia memberikan sejumlah syarat, seperti pendaki dibekali radio komunikasi dan didampingi pemandu bagi pemula. Pemandu adalah pendaki yang sudah hapal dan paham kondisi jalur. Margo mengatakan belum ada pendaki yang melewati jalur pendakian Tahura setelah ditutup karena kebakaran hutan.

“Pemula dilarang mendaki kalau tidak mendapat pendampingan. Kami juga siap mendampingi. Jalur Tahura itu curam dan jalan setapak licin saat ini. Sejauh ini belum ada yang naik setelah kebakaran. Rata-rata lewat Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu,” jelas Margo.

Seperti diketahui, sejumlah orang memanfaatkan momen libur Natal dan Tahun Baru untuk mengunjungi objek wisata maupun mendaki gunung.

Perhutani menutup seluruh jalur pendakian setelah kebakaran di hutan Gunung Lawu pada Oktober. Jalur pendakian ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Kebakaran menyebabkan sembilan orang meninggal karena menghirup asap dan luka bakar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge