0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hama Gangsir Serang Tanaman Sayuran

Musim penghujan, hama gangsir serang tanaman sayuran di Lereng Gunung Merapi Merbabu (timlo.net/nanin)

Boyolali — Memasuki musim penghujan, petani sayuran di Lereng Gunung Merapi Merbabu diresahkan dengan hama gangsir. Hama sejenis jangkrik ini memakan bagian batang tanaman muda. Akibatnya tanaman akan mati. Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan pestisida pembasmi.

“Belum ada obatnya, kita biasanya hanya pakai air sabun, kita masukkan ke lubang sarang gangsir,” kata Muladi (40), petani sayuran asal Sukabumi, Cepogo, Jumat (25/12).

Menurut Muladi, hama gangsir ini merebak saat memasuki musim penghujan. Hama ini biasanya bersembunyi dengan membuat sarang berupa gundukan tanah di sekitar lahan yang ditanami sayuran. Biasanya muncul saat pagi atau sore hari. Selain menggunakan air sabun, untuk membasmi hama ini dilakukan secara manual. Yaitu dengan menggali sarang gangsir dan menangkapnya.

“Kalau gundukanya banyak, berarti gangsirnya juga banyak, kita gali lubangnya dan gangsir kita ambil,” jelas Muladi.

Sementara menurut Sukini (48), petani lain, akibat serangan hama gangsir, tanaman loncang dan tomat miliknya yang masih muda rusak dimakan gangsir. Tanaman yang sudah dimakan akan langsung diganti dengan yang baru.

“Kalaupun tidak diganti, tetap bisa hidup namun hasilnya tidak maksimal,” tambah Sukini.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge