0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tarif Melambung, Hotel di Tawangmangu Tetap Diburu

Nanang R
Deretan hotel dan villa di daerah Tawangmangu (Nanang R)

Karanganyar – Menjelang malam pergantian Tahun Baru 2016, sejumlah penginapan, hotel dan villa di Tawangmangu, Karanganyar sudah penuh alias full booking. Para pemesan kebanyakan berasal dari Solo dan sekitarnya. Bahkan sejumlah pengunjung telah memesan sebulan sebelumnya.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya pada saat malam pergantian tahun jasa penginapan selalu penuh,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karanganyar, Sukirdi, saat dihubungi, Kamis (24/12).

Sukirdi mengatakan, PHRI Karanganyar memprediksi okupansi tercapai minimal 75 persen pada momentum Natal dan 100 persen di pergantian tahun. Soal harga sewa, Sukirdi mengaku sulit untuk membendung beberapa hotel maupun penginapan yang menaikkan tarif hingga lebih dari 100 persen.

“Misalnya dinaikkan 200 persen dari harga biasa, tapi kalau yang nyewa mau bayar bagaimana?” kata Sukirdi.

Menurut Sukirdi, malam pergantian tahun bagi orang tertentu merupakan saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Mereka rela merogoh kocek lebih dalam untuk menyewa hotel maupun berpesta menghabiskan malam pergantian tahun bersama keluarga.

“Disaat seperti ini (tahun baru-red) banyak yang tidak mempermasalahkan harga sewa,” kata Sukirdi.

Sukirdi menambahkan, semua pengusaha jasa penginapan di lereng Lawu telah menaikkan tarif sewa sejak awal Desember 2015. Terdapat 182 pengusaha di bidang tersebut yang tersebar di Tawangmangu, Jenawi, Ngargoyoso dan Karangpandan. Penentuan tarif diserahkan ke masing-masing pengusaha sesuai fasilitas yang ditawarkan.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge