0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tarif Penginapan Naik Dua Kali Lipat, Pengusaha Keruk Untung

Obyek Wisata Grojogan Sewu salah satu favorit wisatawan (Nanang R)

Karanganyar –  Libur akhir tahun menjadi ladang mencari keuntungan bagi pelaku usaha jasa dan perdagangan di area wisata lereng Gunung Lawu. Berbagai jasa dan usaha telah menaikkan tarif menyambut libur panjang kali ini.

“Semua pengusaha jasa penginapan di lereng Lawu telah menaikkan tarif sewa sejak awal Desember 2015,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karanganyar, Sukirdi, saat dihubungi, Kamis (24/12).

Menurut Sukirdi, terdapat 182 pengusaha di bidang tersebut yang tersebar di Tawangmangu, Jenawi, Ngargoyoso dan Karangpandan. Penentuan tarif diserahkan ke masing-masing pengusaha sesuai fasilitas yang ditawarkan.

“Rata-rata tarifnya naik dua kali lipat dari harga normal, namun tidak menyurutkan minat pengunjung. Ini memang kesempatan pengusaha mendulang keuntungan,” katanya.

PHRI Karanganyar memprediksi okupansi tercapai minimal 75 persen pada momentum Natal dan 100 persen di pergantian tahun. Guna memastikan seluruh pengusaha memberi pelayanan terbaik, PHRI akan mengumpulkannya dalam waktu dekat. Bidang keamanan menjadi prioritas pembahasan di forum tersebut.

“Keamanan ini meliputi tata lalu lintas jalur wisata. Tentunya melibatkan aparat kepolisian yang turut mendukung hal ini,” katanya.

Sementara itu Kapolsek Tawangmangu AKP Riyanta mengatakan tengah berkoordinasi dengan Polres terkait pengamanan jalur menuju kawasan wisata lereng Lawu. Penyediaan lokasi parkir menjadi prioritas.

“Personel tambahan sudah disiapkan dari Polres. Jika terjadi penumpukan arus, maka bisa dialihkan ke jalur Matesih,” jelasnya.

Kapolsek menambahkan, ada beberapa lahan parkir yang disiapkan di jalur sekitar Pasar Tawangmangu. Antisipasinya justru pada malam pergantian tahun, karena pasti bakal lebih padat.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge