0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rebutan Gunungan, Warga Percaya Bawa Berkah

Solo – Sudadi langsung mengunyah beberapa potongan Kacang Panjang hasil merebut Gunugan dalam acara Grebeg Mulud, di halaman Masjid Agung Solo, Kamis (24/12). Sebagian dari sayuran itu diberikan kepada istri dan anaknya.

“Buruan dimakan. Slamet-slamet kabeh (semoga selamat semuanya – Jawa),” ungkapnya sembari menyuruh anak dan istrinya makan.

Sudadi percaya bahwa sayuran yang ia makan akan menjauhkan dirinya dari berbagai macam penyakit. Selain berhasil merebut beberapa potong sayur, pria 47 tahun asal Sragen itu juga mendapatkan potongan rengginang (ketan-red) yang akan disebar dilahan persawahan miliknya.

“Sebagai orang Jawa kita masih percaya dengan hal seperti ini, Mas. Rengginang ini nanti akan kita sebar di sawah, biar subur, panennya bagus,” ungkapnya.

Puncak perayaan sekaten dimulai sekitar pukul 10.30 WIB, sejumlah abdi dalem mengenakan pakaian adat jawa lengkap dengan samirnya berjalan beriringan menuju serambi Masjid Agung. Setelah itu dilakukan dzikir bersama, selama setengah jam.

Kemudian disusul kirab Drumband Keraton dan Abdi Dalem pembawa gamelan. Tak lama kemudian disusul enam Gunungan masuk ke halaman masjid Agung.

Setelah enam gunungan disemayamkan sekitar 10 menit. Di waktu yang bersamaan dipanjatkan doa yang dipimpin ulama setempat. Setelah doa selesai Ke enam gunungan tersebut ludes dalam sekejap, diperebutkan pengunjung.

Keraton Surakarta pada Grebeg Sekaten tahun ini mengeluarkan 6 gunungan (3 pasang) dari hasil bumi yang diperebutkan pengunjung ribuan pengunjung sekaten di halaman Masjid Agung Surakarta. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya 4 gunungan.

“Gunungan ini ada sebagian yang merupakan sumbangan dari Sentana Dalem dan Abdi Dalem. Bahkan dulu saat masa kejayaan Pakubuwono ke 12 sering gunungan sekaten hingga 8 pasang. Jadi tidak ada yang aneh kalau saat ini Gunungannya enam,” kata Wakil Pangageng Sasono Wilipo KP Winarno Kusumo.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge