0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Perompak di Selat Malaka Diamankan TNI AL

merdeka.com
(merdeka.com)

Timlo.net — Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Barat (Koarmabar) TNI AL mengamankan tiga pelaku perompak Kapal MT Joaquim yang beroperasi di Selat Malaka pada 8 Agustus 2015. Ketiga pelaku diketahui mengambil Light Crude Oil (LCO) sebanyak 2.900 MT melalui siphoning.

“Kapal bendera Singapura ini telah dirompak di perairan Selat Malaka saat tengah berlayar dari East Outer Port Limit (EOPL) menuju Malaka,” kata Panglima Armada Barat (Pangarmabar) Laksda TNI Achmad Taufiqoerrochman di Markas Koarmabar, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Rabu (23/12).

Pria disapa Taufiq menjelaskan, kapal yang mengangkut muatan 3.500 MT (LCO) itu dirompak oleh 11 orang dengan tiga orang yang sudah berhasil diamankan yakni seorang Kapten kapal berinisial HU, dan dua orang ABK yakni AS dan AG pada 14 Desember lalu di Bandung, Jawa Barat. Sedangkan sisanya masih dalam pencarian.

“Kesebelas orang ini menggunakan MT Kharisma 9 dan berhasil mengambil LCO sebanyak 2.900 MT (siphoning). Selain itu, mereka juga merusak mesin hidrolik serta jangkar MT Joaquim agar kapal tersebut tidak bisa betlayar mengikuti MT Kharisma 9,” ungkapnya.

Berdasarkan kesaksian, lanjut Taufiq, setelah melakukan siphoning, MT Kharisma 9 mencoba melarikan diri agar tak terdeteksi dengan dua kali berganti nama kapal menjadi MT Antela dan kemudian berganti lagi menjadi Union Star.

“Meski berganti nama, pada 15 Desember, kami dengan bantuan Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) akhirnya berhasil menemukan MT Kharisma 9 tersebut. Kapal itu tengah lego jangkar di perairan Bojonegara, Banten. Saat ditemukan, kapal dalam keadaan mati dengan nama palsu Union Star dengan cat abu-abu,” paparnya.

“Kapal ini pun kami jadikan barang bukti bersama dengan barang lainnya seperti Life Jacket, sisa LCO sebanyak 700 KL dan berkas lainnya. Berdasarkan kesaksian, mereka mengaku aksi atas perintah saudari EN. EN saat ini dalam daftar DPO,” tuturnya.

[bal]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge