0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Libur Panjang, Datang Saja ke Wisata Alam di Wonogiri

timlo.net/tarmuji
Pantai Sembukan (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Musim liburan sekolah tahun ini juga bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad, Natal dan tahun baru. Tentunya waktu liburan cukup lumayan jika digunakan untuk melepas kepenatan dari aktifitas sehari-hari dan berkumpul bersama keluarga. Ada baiknya jika pergi ke tempat-tempat wisata alam. Misalnya ke Wonogiri, sebab destinasi wisata disana telah siap menanti dengan pesona nan asri.

Ada puluhan lokasi wisata alam unggulan Wonogiri, dimana lokasi ini mudah terjangkau dengan akses kendaraan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Diantaranya pesona Waduk Gajah Mungkur dengan berbagai wahana hiburan, Wisata spritual Bumi Kahyangan Tirtomoyo, Alas Donoloyo, Slogohimo, Sendang Siwani, Makam Matahati, Bumi Nglaroh semuanya ada di Kecamatan Selogiri.

Kemudian wisata edukasi ada Museum Karst dengan sembilan goanya di Kecamatan Pracimantoro, lalu ada Wayang Kampung Village di Kepuhsari Kecamatan Manyaran dan Museum Wayang di Kecamataan Wuryantoro.

Tak hanya itu saja, wisata alam lainnya masih seabrek, seperti wisata air terjun Setren Girimanik, Slogohimo, air terjun Watu Jadah di Kecamatan Jatipurno, Banyunibo di Manyaran.

Wonogiri juga menyimpan obyek wisata pantai, seperti pantai Sembukan, Nampu, Waru, Klothok, Parangjono. Dari sekian pantai, yang cukup tenar diluar Wonogiri yakni Pantai Sembukan dan Nampu. Dua pantai ini, selain indah panoramanya juga memiliki nilai historis maupun mistis.

Bahkan, untuk menyambut wisatan menjelang libur panjang tahun ini Pemkab Wonogiri baru-baru ini, membuat wahana senilai Rp 5 Miliar yang terletak di dalam komplek wisata Waduk Gajah Mungkur. Tempat wisata ini dinamai Taman Tombo Galau. Ikon baru ini diharapkan mampu menyedot pengunjung.

“Juga melengkapi dengan pengadaan kereta gajah, pengadaan kapal wisata dan pembuatan rumah hantu berkonsep rumah sakit, bianglala, columbus, kura-kura, anting-anting, Natal dan Tahun Baru wahana wisata ini semua dipastikan siap,” tandas Kepala Disbudparpora Wonogiri, Sentot Sujarwoko, Rabu (22/12).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge