0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Travel Warning Rusia, Wapres : Jangan Khawatir

dok.merdeka.com
Wapres Jusuf Kalla (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi pemberitaan soal saran bepergian (travel warning) dari pemerintah Rusia terhadap warganya yang akan mengunjungi Indonesia. Menurut JK, saran bepergian semacam itu sudah pernah dilakukan banyak negara dan merupakan hak negara masing-masing untuk melindungi warganya.

“Bagi kita semua ini kan bukan hal yang pertama, sering begitu. Tapi warga negara asing juga kadang tidak peduli. Jadi tidak perlu mengkhawatirkan,” ujar JK di Jakarta, Rabu (23/12).

Kementerian Luar Negeri Rusia menerbitkan saran bepergian (travel warning) bagi warganya yang berencana mengunjungi Indonesia. Peringatan Moskow ini didasarkan pada meningkatnya risiko terorisme di Tanah Air.

“Kementerian Luar Negeri menyarankan warga Rusia yang berencana bepergian ke Indonesia untuk terus waspada, menghindari tempat ramai, atau tetap berada di kawasan yang aman,” seperti dikutip dari situs mid.ru/en. Dalam imbauan ini, dicantumkan juga nomor Kedutaan Besar Federasi Rusia di Jakarta untuk kebutuhan darurat.

Travel warning ini dibenarkan oleh Atase Pers Kedubes Rusia untuk Indonesia, Nikolay Karapetyan, Rabu (23/12). Namun dia tidak menjelaskan lebih lanjut, sampai kapan pemerintahnya berencana menetapkan status waspada bagi warganya yang bepergian ke Indonesia.

Akhir pekan lalu, Detasemen Khusus Antiteror 88 menggelar operasi serentak di Pulau Jawa. Hasilnya, Sembilan tersangka pelaku teror dicokok di Cilacap, Tasikmalaya, Sukoharjo, Gresik, dan Mojokerto. Para tersangka adalah anggota sel jaringan teroris lama maupun simpatisan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS).

Saat ditanya mengenai kondisi keamanan di Tanah Air menjelang akhir tahun, JK yakin Indonesia akan baik-baik saja.

“Pasti kita yakin, Insya Allah. Kepolisian dan tentara tetap menjaga keamanan,” ucapnya.

[pan]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge