0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rp 1.100 Triliun, Untuk Atasi Kemiskinan 2016

Presiden Jokowi (merdeka.com)

Timlo.net — Pemerintah bakal memberikan bantuan tunai bersyarat pada masyarakat miskin pada tahun depan. Itu dinilai menjadi jalan pintas untuk memangkas kemiskinan di Tanah Air.

“Conditional cash transfer yang saya lihat di Brazil 1 persen dari produk domestik bruto mereka. Kalau kita sekarang mau cepat mengatasi kemiskinan berarti kurang lebih Rp 1.100 Triliun, tolong jadi bahan untuk tahun berikut,” kata Jokowi saat membuka rapat paripurna kabinet kerja di kantornya, Jakarta, Rabu (23/12).

Menurutnya, peningkatan daya beli masyarakat dan pengendalian inflasi menjadi kunci untuk mengurangi kemiskinan. Dia mencatat harga beras masih menjadi penyumbang inflasi terbesar, sekitar 30 persen.

“Hati-hati. Kenapa tiap pagi saya telepon Kepala Bulog, menteri perdagagangan, menteri bumn, menteri pertanian? Karena ini memang harus diperhatikan. Jangan sampai ada harga beras merangkak naik dan untuk melakukan langkah stabilisasi harga pangan karena ini akan menyangkut masalah penanggulangan kemiskinan,” bebernya.

Seperti diketahui, tingkat kesenjangan ekonomi atau rasio gini di Indonesia terbilang tinggi. Salah satu penyebabnya adalah pembangunan infrastruktur tak merata.

Bantuan tunai bersyarat dinilai efektif menurunkan angka kesenjangan. Semisal Brasil berhasi memangkas rasio gini dari 0,4 menjadi 0,35.

[yud]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge