0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perayaan Natal, Gereja di Solo Dapat Pengamanan Tiga Lapis

Wakapolresta Solo, AKBP Hariadi (tengah) (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Polresta Solo memberlakukan pengamanan berlapis di sejumlah gereja di Kota Solo. Upaya ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan dari hal buruk yang bakal terjadi di perayaan tersebut.

“Ring pertama di dalam gereja, kedua di seputaran gereja dan ketiga di lalu lintas sekitar gereja. Supaya para jemaat saat mengerjakan ibadah bisa berjalan lancer dan aman,” tegas Wakapolresta Solo, AKBP Hariadi kepada wartawan, Rabu (23/12).

Pengaman tiga lapis ini, kata Wakapolresta, dilakukan karena Solo pernah mengalami kejadian buruk, dimana salah satu gereja di Solo menjadi sasaran pengeboman oleh kelompok jaringan teroris.

“Dari pengalaman itulah kami berusaha untuk meningkatkan keamanan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selama perayaan Natal berlangsung,” ungkapnya.

Disebutkan ada sebanyak 168 gereja yang tersebar di wilayah di Solo. Di mana 25 gereja ini akan mendapatkan pengaman ekstra, lantaran lokasinya berada di titik konsentrasi keramaian, banyak jemaat yang melakukan ibadah. Meski demikian, semua gereja yang ada tersebut tetap mendapatkan pengamanan dari personil polisi, TNI dan instansi samping.

“Sebelum perayaan Natal dimulai telah kami lakukan sterilisasi di semua gereja yang ada di Solo. Sterilisasi kami lakukan untuk memastikan bahwa tempat ibadah dalam keadaan aman,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, selama perayaan Natal dan Tahun Baru sebanyak 1.120 personil terdiri kepolisian, TNI, dan instansi samping seperti Dishubkominfo, Satpol PP dan organisasi masyarakat disiagakan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge