0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Masuk DPT, 2.359 Pemilih Pilkada Solo Mencoblos dengan KTP

Ilustrasi Pilkada Serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak ()

Solo — Sebanyak 2.359 pemilih diketahui menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo, 9 Desember lalu. Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), pemilih yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) diperbolehkan mencoblos dengan menggunakan KTP di TPS sesuai alamat KTP.

“Pemilih yang memilih dengan menggunakan KTP itu tercatat dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) 2. Dari data KPPS, jumlahnya sebanyak 2.359,” kata Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Kajad Pamuji Djoko Waskito kepada wartawan, Rabu (23/12).

Menurut Kajad, banyaknya pemilih yang mencoblos dengan KTP diduga akibat banyaknya migrasi ke Kota Solo paska DPT ditetapkan. Setelah DPT ditetapkan, orang luar itu kemudian mengurus KTP di Solo.

Paska penetapan DPT, warga yang tidak terdaftar dalam DPT, namun ber-KTP Solo sebenarnya masih bisa dimasukkan dalam DPTb1. Namun, upaya memasukkan DPTb1 tidak semuanya bisa dilakukan lantaran sistem di Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) menolak unggahan data (gagal unggah) jika data yang bersangkutan masih terdaftar di alamat asal.

“Gagal unggah itu bahwa pemilih yang sudah ber-KTP Solo sudah terdaftar di kabupaten/kota asal. Kalau pas hari H mencoblos dengan KTP, otomatis diterima karena sistemnya kan manual,” jelas dia.

Kajad menambahkan, 2.359 DPTb 2 ini nantinya akan diunggah ke Sidalih untuk penyempurnaan data pemilih pemilu berikutnya. Dalam proses unggah ke Sidalih itu, akan dilakukan proses penyaringan untuk memastikan tidak ada data ganda.

Dari rekapitulasi hasil dan rincian perolehan suara, 2.359 pemilih DPTb 2 tersebar di lima kecamatan dengan perincian 420 di Kecamatan Laweyan, 218 di Serengan, 287 di Pasarkliwon, 657 di Jebres dan 777 di Banjarsari.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge