0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Bibit Ikan Patin dan Lele Disebar di Kali Pepe

dok.timlo.net/heru murdhani
Ribuan bibit ikan dan Lele disebar di Kali Pepe (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Ribuan bibit ikan lele dan Patin disebar di sepanjang Kali Pepe, Rabu (23/12). Penyebaran ini dilakukan oleh alumnus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Sebelas Maret Solo. Selain untuk memperbaiki ekosistem sungai, penyebaran bibit ikan ini juga untuk mengetahui kadar pencemaran air dari limbah rumah tangga.

“Karena kita merasa perlu untuk melakukan pantauan terhadap kondisi air yang ada di Kali Pepe ini. Kalau sungai ini kan hanya menampung limbah rumah tangga, kalau kondisi airnya masih bagus bisa dimanfaatkan kembali untuk masyarakat,” ungkap Wakil Dekan III F-MIPA UNS, Prof Sugiyarto Yatno Sudigyo.

Dijelaskan, secara umum air sungai di Kota Bengawan masih dalam kondisi baik, hanya saja memang perlu diawasi ekosistem dan kadar pencemarannya. Namun, untuk aliran air yang berada di kawasan industri, diperlukan penanganan khusus, jika akan diolah kembali menjadi air minum.

Sementara Lurah Keprabon, Rustika Atmawati mengatakan, kondisi Kali Pepe yang melintas di kawasannya cukup baik. Dia mengaku tak henti-hentinya menggerakkan masyarakat untuk kerja bakti dalam membersihkan sungai.

Diakui, hampir setiap minggu pihaknya mensosialisasikan program kebersihan sungai. Dia berharap dengan sosialisasi itu, terbentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan, terutama di Kali Pepe.

“Kita tidak henti untuk mensosialisasikan kebersihan ini, semakin sering kita sosialisasikan, semakin menjadi bagian dari kesadaran masyarakat,” katanya.

Selain menebar benih ikan di Kali Pepe, alumnus Fakultas MIPA ini juga menebar bibit ikan di Telaga Kentingan di lingkungan kampus UNS, dan penanaman sejumlah pohon untuk penghijauan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge