0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BI Solo Himbau Perbankan Jaga Likuiditas Bank Saat Akhir Tahun

timlo.net/setyo puji s
Bandoe Widiarto (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru, Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo menghimbau agar industri perbankan bisa menjaga likuiditas. Hal itu diperlukan agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa maksimal.

“Himbauan itu sudah kita sampaikan jauh-jauh hari. Mengingat biasanya permintaan dana dari masyarakat akan cenderung meningkat saat momen akhir tahun seperti ini,” ujar Kepala Kantor perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Selasa (22/12).

Dirinya mengatakan, meskipun lonjakan permintaan dana masyarakat tidak setinggi pada saat lebaran, namun ia memprediksi pada akhir tahun ini peningkatannya bisa mencapai sekitar 10 persen jika dibanding kondisi normal.

“Trendnya pasti naik, karena momen akhir tahun ini ditambah dengan liburan sekolah. Pasti banyak masyarakat yang akan melakukan perjalanan wisata, belanja dan sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BCA Solo, Hartana secara terpisah menyampaikan jika untuk mengantisipasi lonjakan permintaan dana dari masyarakat, pihaknya sudah mulai menyiapkan uang tunai yang disimpan di ATM.

“Kalau penambahan dana khusus kita tidak ada. Karena kita optimis dari dana yang sudah ada termasuk yang disiapkan di ATM mampu mencukupi kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Ia memprediksi, saat momen akhir tahun ini permintaan dana dan konsumsi dari masyarakat akan meningkat sekitar 25 persen jika dibanding hari normal.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge