0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Paslon Tak Hadir, Rudy-Purnomo Ditetapkan Paslon Terpilih Dalam 15 Menit

timlo.net/daryono
Ketua KPU Solo Agus Sulistyo memberikan salinan SK penetapan calon terpilih (timlo.net/daryono)

Solo — Pasangan calon (Paslon) walikota dan calon wakil walikota nomor urut 2 FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo sebagai calon terpilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2015. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih yang berlangsung sekitar 15 menit, Selasa (22/12) malam di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH).

“Menetapkan pasangan calon nomor 2 dengan perolehan 169.902 suara dari total suara sah. Pasangan calon walikota dan wakil walikota sebagaimana diktum satu ditetapkan sebagai calon walikota dan wakil walikota terpilih,” kata pimpinan pleno sekaligus Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo.

Penetapan Paslon terpilih ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 51/Kpts/KPU-kota-012.329574/2015 tentang Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Solo 2015. Salinan SK kemudian diserahkan kepada DPRD Solo, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo, Tim Paslon, parpol atau gabungan parpol dan KPU RI.

“Untuk perwakilan DPRD Solo karena tadi belum ada, besok akan kami sampaikan ke DPRD. Begitu juga KPU RI akan dikirim,” kata Komisioner KPU Solo, Pata Hindra Aryanto, usai pleno.

Rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih yang dimulai pukul 21. 00 WIB itu dihadiri sejumlah undangan antaralain Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Yulistianto, Panwaslu, Ketua Tim Pemenangan Anung – Fajri (AFi), Sugeng Riyanto dan Ketua Tim Pemenangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo, Putut Gunawan serta ratusan undangan lainnya. Namun, dua Paslon baik AFi dan Rudy-Purnomo tidak terlihat hadir.

Saat ditanya perihal ketidakhadiran dua Paslon, Pata mengungkapkan undangan kepada dua Paslon sudah disampaikan. Namun, keduanya mengkonfirmasi ijin kepada KPU. Meski tidak dihadiri Paslon, pleno penetapan Paslon terpilih tetap bisa dilakukan.

“Undangan ke dua Paslon sudah. Dua-duanya ijin karena ada acara yang tidak bisa ditinggalkan. Kalau hadir kita kasih porsi bicara, kalau tidak hadir ya pleno jalan terus,” ujar Pata.

Usai ditetapkan sebagai Paslon terpilih, Rudy-Purnomo tinggal menunggu pelantikan keduanya yang informasinya sekitar Juni 2016.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge