0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemudik Libur Panjang Naik 20 Persen

Sejumlah pemudik menurunkan barang bawaannya di Terminal Giri Adipura Wonogiri (Dok. Timlo.net/Tarmuji)

Wonogiri — Musim libur panjang sekolah pada akhir tahun ini, penumpang mudik dari kota besar mengalami peningkatan cukup lumayan dibandingkan hari biasa.

“Memang ada kenaikan sekitar 20-25persen,” ujar pemilik bus AKAP PO Tunggal Dara Putra, Ngadirojo, Margono, Selasa (22/12).

Namun demikian, kenaikan angka penumpang tidak seperti tahun lalu. Menurut Margono, menjelang Natal dan tahun baru tahun lalu belum banyak armada bus AKAP luar daerah yang masuk Wonogiri. Sehingga, lonjakan penumpang libur panjang bisa dirasakan kalangan pengusaha bus malam di Wonogiri.

Pemilik bus AKAP PO Tunggal Daya, Ngadirojo, Wonogiri, Sutardi menambahkan, kenaikan arus pemudik ke daerahnya terjadi sejak sekitar sepekan terakhir. Kondisi seperti ini diperkirakan akan membali normal setelah tanggal 4 Januari mendatang. Menurut dia, banyak perantau pulang kampung saat libur panjang karena keluarga atau famili di desa umumnya lagi punya hajad. Entah itu menghelat perkawinan maupun sunatan atau khitan.

“Namun meskipun penumpang lagi ramai pengusaha tidak lantas ‘aji mumpung’ menaikkan (harga) tiket seenaknya. Karena penumpang kami itu merupakan pelanggan tetap. Kalau tiket dinaikkan dikhawatirkan mereka lari ke armada lain,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge