0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo akan Bangun Galeri Sungai

dok.timlo.net/heru murdhani
Foto kenangan, Pj Walikota Solo, Budi Suharto (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Pemerintah Kota Solo akan membangun galeri sungai di depan Terminal Tirtonadi. Galeri itu akan memanfaatkan bangunan di sebelah barat Taman Tirtonadi yang selama ini mangkrak. Galeri sungai ini akan berisi informasi dan lokasi sungai yang ada di Solo. Pemkot menyiapkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk pembangunan awal galeri.

“Selama ini setiap tahunnya Pemkot selalu membayar pajak untuk bangunan itu, padahal bangunannya mangkrak, ya kita manfaatkan saja untuk lokasi galeri,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo Endah Sitaresmi Suryandari, Selasa (22/12).

Pihaknya telah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, untuk bekerjasama dalam pembangunan galeri. Diantaranya adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, dan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di antara mereka.

“Awal tahun depan sudah mulai lelang pengerjaan, targetnya tahun 2017 telah bisa dibuka,” ujarnya.

Penjabat (Pj) Walikota Solo, Budi Suharto mengatakan, pembangunan galeri ini sejalan dengan perbaikan kawasan Terminal Tirtonadi. Dia mengatakan bangunan mangkrak di depan terminal itu justru menjadikan kawasan tersebut tampak kumuh, sehingga memang seharusnya diperbaiki dan di manfaatkan.

“Terminal bangunannya sudah bagus, masak didepannya masih ada bangunan mangkrak, kana jadi kelihatan kumuh. Mending kita manfaatkan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge