0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Natal, 23 Napi Rutan Solo Dapat Remisi

Rutan Kelas 1 Solo (dok.timlo.net/red)

Solo — Sebanyak 23 narapidana (Napi) di Rumah Tahanann (Rutan) Solo akan mendapat remisi Natal. Meski begitu, belum ada narapidana yang langsung bebas pada pemberian pengurangan masa tahanan tersebut.

“Total narapidana beragama Kristen/ Katolik sebanyak 74 orang. Dari jumlah total ini, 23 orang memenuhi syarat mendapat remisi,” kata Karutan Solo, Oga Geoffani Darmawan, Selasa (22/12).

Seluruh narapidana yang mendapatkan pengurangan masa hukuman khusus atau Remisi Khusus (RK) I tersebut, kata Karutan, rata-rata terlibat dalam kasus pidana dan Narkoba. Meski begitu, pihaknya tidak serta merta memberikan RK I ini kepada para narapidana. Terdapat persyaratan khusus yang harus dimiliki oleh mereka, salah satunya adalah berkelakuan baik dan tidak mengkonsumsi narkoba.

“Selain itu juga harus mendapat persetujuan dari Kantor Wilayah Hukum (Kanwil) Kemenkum HAM RI Jateng,” terang Karutan.

Disinggung besaran RK I yang diberikan kepada tiap narapidana, Karutan mengungkapkan, ada yang mendapat potongan masa tahanan selama 1 bulan hingga 15 hari. Tergantung lama masa tahanan serta mereka tinggal di Rutan Solo.

“Yang mendapat remisi satu bulan ada 4 orang dan sisanya atau 19 orang mendapat remisi 15 hari,” ungkap Karutan.

Rencananya, remisi tersebut akan diberikan kepada sejumlah narapidana saat perayaan Natal tanggal 25 Desember mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge