0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelanggaran Pilkada, Wagino Cs Dituntut 2 Bulan Penjara

dok.timlo.net/nanin
Terdakwa kasus pelanggaran Pilkada Boyolali jalani sidang di pengadilan (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Tiga terdakwa kasus pelanggaran Pemilu, Camat Nogosari, Wagino, Kades Bendo Samsidi dan PNS Dikdas LS Sambi, Jimandiyanto, dituntut dua bulan penjara dengan masa percobaan empat bulan oleh Jaksa Penuntut Umum dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Boyolali, Senin (21/12).

“Ketiganya juga harus membayar denda Rp 5 juta subsider kurungan penjara 1 bulan,” kata JPU, Kurniawan Andi dalam persidangan.

Ketiganya telah memenuhi seluruh unsur dakwaan dalam Pasal 71 ayat 1 jo Pasal 188 tentang  UU Pilkada jo Pasal 55 ayat 1 KUHP. Ketiganya terbukti melakukan perbuatan, menyuruh bahkan ikut melakukan dan membuat keputusan/tindakan yang menguntungkan dan merugikan salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati. Tindakan itu juga dilakukan saat masa kampanye Pilkada Boyolali 2015.

Barang bukti yang ikut diamankan antara lain satu bendel data dukungan bagi pasangan Seno Samodro-Said Hidayat, satu lembar undangan, satu keping VCD yang berisi rekaman penggerebekan, foto pintu rumah kades Bendo yang tertempel stiker Seno-Said, satu unit mobil dinas AD 81 D yang dipakai Camat Wagino. Dimana saat pertemuan, Senin (30/11) plat nomer diganti AD 9045 PD.

“Kita juga minta mobil dinas camat dikembalikan ke Pemkab,” imbuh Andi.

Sidang kasus pelanggaran Pemilu terkait netralitas PNS ini, juga dilanjutkan agenda pledoi. Sementara dalam persidangan, puluhan kepala desa dari sejumlah kecamatan ikut hadir memberikan dukungan moral kepada Kades Bendo, Samsidi.

“Ini bentuk dukungan morak kepada Kades Samsidi,” kata Kades Banyuanyar, Ampel, Komarudin.

Sebelum persidangan sendiri, beredar undangan via broadcat messenger, yang berisi, “Kagem dulur-dulur Kades Boyolali. Strategi apapun yang dilakukan kades adalah demi majunya desa kita masing-masing. berkenaan saudara kita Kades Bendo, Nogosari, saat ini menjalani sidang di pengadilan negeri boyolali gara-gara pilkada. Mohon dengan sangat solidaritas kades untuk medukung dan hadir hari ini di PN Boyolali jam 09.00 WIB. Hidup Kades Pro One!”.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge