0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jaka Sawaladi Jadi Pj Bupati Klaten, Besok Dilantik

dok.timlo.net/aditya wijaya
Plt Bupati Klaten, Jaka Sawaldi (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Klaten, Jaka Sawaldi ditunjuk sebagai Penjabat Daerah (Pj). Direncanakan, Selasa (22/12) besok, pelantikan bakal dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

“Besok saya ke Semarang untuk pelantikan Pj sekaligus menerima Surat Keputusan (SK) Pj,” kata Jaka Sawaldi, Senin (21/12).

Dikatakan, pelantikan besok itu hanya dilakukan untuk Kabupaten Klaten. Sebab pelantikan Pj kabupaten/kota lainnya yang akhir masa jabatan (AMJ) habis sebelum pilkada 9 Desember sudah dilakukan tak lama setelah AMJ kepala daerah berakhir.

Penunjukkan Pj melalui usulan gubernur ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Pj akan menjabat hingga pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pada Maret 2016. Kewenangan Pj hampir sama dengan kepala daerah definitif. Namun ada batasan-batasan yang harus ditaati Pj sesuai  pasal 132A PP Nomor 49 tahun 2008, yakni dilarang melakukan mutasi pegawai dan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kebijakan dan program pembangunan pejabat sebelumnya.

“Tidak boleh mengubah SOT (susunan organisasi dan tata kerja), kalaupun dilakukan harus komunikasi lebih dulu ke gubernur. Untuk pelantikan besok kebetulan dibanding daerah lain AMJ Klaten paling akhir, 2 Desember. Maka pelantikan Pj besok saya sendiri karena yang lainnya sudah,” bebernya saat dihubungi wartawan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge