0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Amankan Libur Panjang, Polisi Cek Rel Kereta Api

dok.timlo.net/achmad khalik
Kapolsek Jebres, Kompol Edison Panjaitan didampingi Kanit Reskrim Polsek Jebres AKP Widodo sedang melakukan pengecekan rel dan wesel di kawasan Stasiun Jebres Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Mengantisipasi hal tak diinginkan saat libur panjang perayaan Natal dan Tahun Baru, Polsek Jebres bersama pengelola Stasiun Jebres melakukan pengecekan rutin rel maupun wesel dari ulah orang tidak betanggung jawab. Upaya ini, selain sebagai bukti wujud tanggung jawab juga untuk melakukan pengamanan terhadap jalur kereta yang melaju dari kemungkinan sabotase.

“Mengingat selama ini banyak gangguan terhadap rel kereta api, akhirnya kami sepakat untuk melakukan penyisiran dijalur rel termasuk pengecekan wesel dengan pengelola stasiun,” kata Kapolsek Jebres Kompol Edison Panjaitan, Minggu (20/12) malam.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, kata Kapolsek, banyak kendala yang dihadapi dalam mengamankan rel kereta api. Termasuk dari ulah tangan orang tidak bertanggung jawab. Selama ini, gangguan yang ditemui adalah mengganjal wesel atau mekanisme pemindah jalur kereta api dengan menggunakan batu. Disamping itu juga, pernah ditemukan adanya tumpukan batu hingga 30 sentimeter di tengah-tengah rel. Diharapkan, masyarakat yang mengetahui aksi orang tak bertanggung jawab tersebut langsung memberikan informasi baik kepada pihak penanggung jawab stasiun maupun kepolisian.

“Ini menyangkut urusan nyawa. Jadi tidak bisa dibiarkan tindakan tidak bertanggung jawab tersebut,” tegas Kapolsek.

Sementara itu, Kepala Stasiun Jebres, Wagimin mengatakan, pihaknya meminta bantuan kepolisian maupun Koramil Jebres untuk melakukan pengamnan jalur kereta api saat liburan panjang kali ini. Selain melakukan pengamnan di rel maupun wesel kereta api, pihaknya juga melakukan pengamanan di sekitar kawasan stasiun. Upaya ini dilakukan supaya penumpang kereta api yang memasuki kawasan Stasiun Jebres merasa aman dan nyaman.

“Untuk pengamanan libur panjang di Stasiun Jebres ini kami sudah mengantisipasi dengan melibatkan unsur kepolisian dan TNI,” terang Wagimin.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge