0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun 2015, Kasus Narkoba di Karanganyar Meningkat

Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra saat gelar perkara kasus narkoba (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Kasus penyalahgunaan narkoba yang berhasil diungkap Satuan Reserse Narkoba Polres Karanganyar meningkat dibanding tahun sebelumnya. Peredaran narkoba juga mulai merambah ke kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“Tahun 2014 ada 20 kasus dengan 20 tersangka. Tahun ini (2015 – Red) jumlah kasus sama namun jumlah tersangka meningkat menjadi 30 orang,” jelas Kepala Satuan Reserse Narkoba Iptu Murtiyoko, Sabtu (19/12).

Dia menambahkan, penyalahguna narkoba meliputi sabu-sabu dan ganja. Namun paling banyak yang ditemukan adalah pemakaian sabu-sabu. Jumlah barang bukti sabu-sabu dari tangan para tersangka belum dia pastikan karena sebagian masih berada di laboratorium forensik. Sementara dari kasus yang sudah divonis di pengadilan, barang buktinya dimusnahkan.

”16 Kasus sudah disidangkan, sisanya masih proses penyidikan dan penyusunan berkas perkara,” imbuh Murtiyoko.

Dari kategori umur paling banyak dari usia 22 tahun hingga 45 tahun. Sebarannya paling banyak di Kecamatan Colomadu, Jaten, dan Kebakkramat. Menurutnya tiga wilayah itu faktornya karena termasuk daerah perkotaan dan perbatasan dengan Kota Solo. Namun demikian ada kasus narkoba yang juga diungkap di kecamatan Karanganyar, Mojogedang, Jatipuro, dan Tawangmangu.

”Pemakai bermacam-macam dari pegawai swasta, wiraswasta, hingga buruh bangunan. Peredaran narkoba sudah merambah ke kalangan menengah ke bawah,” imbuhnya.

Murtiyoko mensinyalir para tersangka mendapat barang haram tersebut dari pengedar luar Karanganyar. Modus yang merek gunakan juga bermacam-macam, mulai ditanam di bawah tiang listrik hingga dilempar ke taman tempat umum.

”Modus peredaran narkoba terus berkembang dan semakin canggih. Jaringanya mudah terputus, sehingga kerap menyulitkan dalam menangkap gembongnya,” tandasnya.

 

Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra saat gelar perkara kasus narkoba

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge