0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lemper Sepanjang 606 Meter Pecahkan Rekor Muri

Peserta ibu-ibu rumah tangga menyelesaikan pembuatan lemper sepanjang 606 meter untuk pecahkan rekor muri (timlo.net/nanin)

Boyolali — Ribuan peserta dari berbagai kalangan, mulai pelajar hingga ibu rumah tangga di Boyolali berhasil memecahkan rekor Muri, Minggu (20/12). Mereka berhasil membuat lemper terpanjang 606 meter. Rekor muri baru ini tercatat dalam register Musium Rekor nomer 7267.

Pembuatan lemper sepanjang 606 meter dimulai dari Alun-alun Boyolali hingga Boulevard Jalan Soekarno. Beralaskan spanduk pemecahan rekor muri, peserta berjumlah 1.300 orang ini, mulai menyusun kukusan beras ketan di atas daun pisang yang telah dipersiapkan. Mereka dengan cekatan memasukkan abon ke dalam kukusan beras ketan, setelah itu digulung dan dibungkus daun pisang.

Sebagian peserta terutama pelajar, terlihat kesulitan membungkus lemper agar tidak menonjol keluar. Mereka harus berulang kali tambal sulam membungkus lemper. Setelah terbungkus rapi, kemudian diikat dengan tali raffia. Lemper sepanjang 606 meter ini menghabiskan 900 kg beras ketan, 100 kg abon sapi, 900 buah kelapa dan 1.300 lembar daun pisang.

“Susah sekali bungkusnya, daun pisangnya terlalu pendek, adonanya juga terlalu besar,” ujar Inas, Siswi SMK di Boyolali.

Sementara itu, setelah dilakukan pengecekan oleh tim dari Musium Rekor Indonesia, akhirnya dinyatakan sebagai lemper terpanjang pertama di Indonesia. Deputi Manajer Muri, Ariani Siregar, mengakui pemecahan rekor ini untuk yang pertama kalinya.

“Di Indonesia ini untuk yang pertama kalinya,” kata Ariani mewakili Jaya Suprana yang berhalangan hadir.

Usai dinilai, lemper sepanjang 606 meter tersebut kemudian dipotong-potong menjadi 12 ribu potong dan dibagikan kepada pengunjung.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge