0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PN Boyolali Kebut Sidang Wagino CS

timlo.net/nanin
Sidang perdana pelanggaran netralitas PNS yang melibatkan Camat Nogosari Wagino (korpri), Kades Bendo Samsidi (batik) dan PNS Jiman, mulai digelar di PN Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Pengadilan Negeri (PN) Boyolali mengelar sidang Wagino Cs, terdakwa kasus pelanggaran Pemilu secara marathon. Pasalnya Pengadilan hanya memiliki waktu tujuh hari kalender untuk menuntaskan kasus yang pertama kalinya.

“Waktu kita hanya tujuh hari, Sabtu-Minggu tidak boleh ada sidang, otomatis hanya tersisa lima hari efektif saja,” kata Humas Pengadilan Negeri Boyolali, Catur Bayu Sulistyo, Minggu (20/12).

Masa deadline penuntasan kasus pelanggaran Pemilu yang melibatkan Camat Nogosari, Wagino, Kades Bendo Samsidi dan Penilik Dikdas LS Sambi, Jimandiyanto, hingga Rabu (23/12). Pengadilan sendiri menargetkan Selasa (22/12), sudah ada keputusan untuk ketiga terdakwa.

“Majelis hakimnya juga harus lembur, kalau sampai batas akhir belum ada keputusan, mereka terancam kena sanksi profesi,” lanjut Bayu.

Maka tidaklah mengherankan, ujar Bayu, dalam satu persidangan ada dua agenda, bahkan majelis langsung melakukan pemeriksaan terhadap delapan saksi, yang semestinya 11 saksi, namun tiga saksi tidak hadir dalam persidangan. Untuk sidang besok Senin (21/12), agendanya tuntutan.

Kasus yang menjerat Wagino Cs, terkait dengan pelanggaran netralitas PNS dalam Pilkada. Ketiganya diduga melakukan mobilisasi pns untuk mendukung paslon 1 Seno-Said. Wagino Cs terancam hukuman 1 bulan dan maksimal 6 bulan penjara.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge