0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengguna Kendaraan Tanpa SIM, Dominasi Pelanggaran di Jalan Raya

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi SIM (dok.timlo.net/gg)

Solo — Pelanggar lalu lintas banyak didominasi tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Kuat dugaan, mereka belum cukup umur memiliki SIM atau dalam keadaan kadaluarsa.

“Pelanggaran tertinggi tahun ini terkait kepemilikan SIM. Disusul kelengkapan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB),” kata Kasatlantas Polresta Solo, AKP Prayudha Widiatmoko, baru-baru ini.

Hal ini, kata Kasatlantas, tak lepas dari upaya pengetatan aturan yang diberlakukan. Mengingat angka kecelakaan didominasi usia pelajar yang belum memegang SIM. Disamping itu, kecerobohan para pengguna kendaraan bermotor yang tidak taat pada aturan lalu lintas juga menambah daftar panjang korban tewas di jalan raya.

“Memang berimbas pada aspek lain. Jika dulu, usia dibawah 17 tahun dapat memiliki SIM. Sekarang harus 17 tahun disertai ujian ketat supaya masyarakat dapat memiliki SIM. Upaya ini, untuk menekan angka kecekaan di jalan raya,” tegas Kasat.

Pihaknya berharap, supaya masyarakat tidak asal dalam menggunakan kendaraan bermotor. Selain harus memiliki kelengkapan surat kendaraan juga harus memiliki kemampuan yang cukup dan patuh terhadap peraturan lalu lintas. Sehingga, angka kecelakaan di jalan raya dapat diminimalisir sedikit mungkin.

“Kalau masyarakat sadar dan patuh akan peraturan di jalan raya, maka angka kecelakaan dapat ditekan sedikit mungkin,” kata Kasat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge