0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kejari Solo Selamatkan Uang Negara Rp 3 Milliar dari Pengemplang Pajak

merdeka.com
Ilustrasi Uang (merdeka.com)

Solo — Kejaksaan Negeri (Kejari) Solo berhasil menyelamatkan uang senilai Rp 3 Miliar dengan melakukan penagihan hutang kepada para pengguna jasa listrik dan air milik perusahaan pemerintah. Upaya ini dilakukan setelah antara Kejari menjalin kerjasama dengan Perusahaan Listrik Nasional (PLN) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) melakukan tindakan tegas terhadap perusahaan plat merah maupun perorangan yang bandel.

“Ini merupakan uang mengendap yang selama ini berada ditangan para pelanggan PLN dan PDAM yang sulit untuk membayar,” kata Kasi Intel Kejari Solo, M Rosyidin saat dikonfirmasi, baru-baru ini.

Dikatakan, sasaran Kejari dalam melakukan bentuk penagihan adalah dengan menyasar sejumlah perusahaan plat merah maupun perusahaan bersifat perorangan yang memiliki tagihan tertinggi. Cara tersebut, dinilai efektif. Terbukti, dengan makin lancarnya pembayaran yang mereka setorkan setelah menikmati fasilitas milik negara.

“Selama ini PLN dan PDAM yang melakukan penagihan menemui jalan buntu, setelah kami yang turun tangan baru mereka mau membayar,” terang Kasi Intel.

Rata-rata yang telah dilakukan pemanggilan, lanjut Kasi Intel, langsung bersedia menyanggupi pembayaran. Mulai dengan cara diangsur hingga dibayar secara tunai.

Hasil penagihan yang dilakukan Kejari terkumpul uang senilai Rp 3 Miliar berhasil diselamatkan. Ada yang membayar melalui Kejari, namun ada pula yang membayar langsung kepada PLN dan PDAM.

Pihaknya berharap warga negara yang taat hukum mengutamakan membayar kewajibannya, baik kewajiban membayar pajak, membayar jasa listrik atau air. Sebab, uang yang mereka bayar sejatinya tetap akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan.

“Karena mereka menikmati pembangunan atau menikmati jasa, maka sudah semestinya membayar kewajibannya,” paparnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge