0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Janji Pimpinan KPK yang Baru Terpilih

merdeka.com
Saut Situmorang (merdeka.com)

Timlo.net – Pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) yang baru terpilih di DPR, Saut Situmorang berjanji untuk bekerja mulai dari awal lagi. Dia akan melupakan korupsi yang dilakukan di masa lalu.

“Saya dalam visi atau rencana, zero corruption. Mari kita berantas korupsi mulai dari nol. Ini bukan Afrika Selatan seperti Nelson Mandela. Ngapain kita ngumpulin orang (koruptor masa lalu) tak jelas,” kata Saut, Sabtu (19/12).

Mantan staf ahli KaBIN ini menegaskan bahwa dirinya tidak memikirkan bagaimana koruptor masa lalu ditindak. Namun dia hanya akan berusaha mengembalikan uang negara yang sudah dikorupsi.

“Metodenya harus kita ubah untuk mengembalikan uang itu,” tuturnya.

Saut akan mengedepankan pencegahan dari pada penindakan. Dia memberantas korupsi tidak dengan cara mempermalukan koruptor.

“80 Pencegahan, ini lebih selamat. Martabat orang akan lebih baik di depan tetangganya dari pada dibiarkan mengambil sesuatu. Itu bahaya membiarkan orang korupsi,” ujarnya.

Terkait konsep ini, dia akan ngotot kepada pimpinan KPK yang lain untuk menyetujui. Sebab ini prinsip yang dia bawa ketika uji kelayakan di komisi III DPR. Terlebih Saut akan mengedepankan kerja sama dengan lembaga penegak hukum yang lain untuk lakukan pencegahan.

“Cara mencapai itu disebut persaingan dan kerja sama. Tidak ada kerja sama total, ada persaingan di situ. Menginspirasi seseorang untuk tak korupsi kan harus dengan perilaku. Kita berdialog, berdiskusi. Kalau gak juga jalan,” jelas dia.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge