0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Ancaman Longsor, 105 Warga Direlokasi

merdeka.com
Ilustrasi Tanah Longsor (merdeka.com)

Timlo.net — Pemerintah Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah dalam waktu dekat akan merelokasi 43 keluarga atau sekitar 105 warga Dusun Cikal Desa Jingkang Kecamatan Karangjambu. Relokasi dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan bencana longsor, akibat tanah bergerak yang hingga kini masih berlangsung.

Pemkab saat ini sudah menyiapkan lahan sementara dan juga menyiapkan logistik untuk menampung warga. Pejabat Bupati Purbalingga, Budi Wibowo mengemukakan skenario untuk relokasi warga Dusun Cikal.

“Sampai sekarang tanah terdeteksi masih terus bergerak. Walau relokasi masih sementara, lahan yang rencananya bakal dipakai di Desa Jingkang, nantinya akan menjadi lahan relokasi permanen,” katanya, Jumat (18/12).

Saat ini, lanjutnya, pemkab bersama TNI menyiapkan sembilan tenda peleton dan lima unit MCK mobile. Ia menambahkan, penempatan warga di lahan relokasi sementara, telah diatur sesuai dengan nama dan alamatnya.

“Saat ini, pemkab menyiapkan infrastruktur pendukung di areal relokasi sementara. Persiapannya seperti tenda dan tempat MCK. Kalau nantinya sudah beres semua, warga langsung dipindahkan ke lokasi aman. Target kami pekan depan, mereka sudah bisa dipindahkan,” ujarnya.

Warga Dusun Cikal, jelas Budi, sejauh ini telah sepakat untuk direlokasi. Diakuinya, dari penuturan beberapa warga setempat, banyak dari mereka ketakutan akibat ancaman longsor tersebut.

“Warga sudah tidak ada persoalan, mereka sudah setuju dengan adanya relokasi,” katanya.

Relokasi tersebut dilakukan berdasarkan rekomendasi Badan Geologi Kementerian ESDM. Pada Maret 2015 lalu, tim dari Badan Geologi melakukan pemeriksaan gerakan tanah di dusun setempat.

Hasilnya, Badan Geologi menyimpulkan wilayah tersebut sangat berisiko terkena banjir bandang atau debris. Sebelum direlokasi, warga harus meningkatkan kewaspadaan terutama pada saat hujan deras dengan intensitas lama.

[tyo]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge