0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tirtonadi, Terminal Pertama Menggunakan Boarding Pass

Peresmian terminal tirtonadi (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Terminal Bus Tirtonadi sisi timur mulai dioperasikan, Jumat (18/12). Namun, tak seperti terminal lainnya, pengoperasian sisi timur ini menggunakan sistem boarding pass layaknya bandara.

“Tirtonadi adalah terminal pertama yang menggunakan sistem boarding pass. Jadi penumpang tidak perlu berdesakan untuk menunggu armada ke kota tujuan,” ungkap kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) setempat, Yosca Herman Sudradjad.

Yosca mengatakan, terminal Tirtonadi dibagi menjadi dua bagian yakni sisi barat dan sisi timur. Dimana sisi barat akan melayani penumpang yang menuju kota-kota ke arah barat, seperti Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan lainnya. Sedangkan sisi timur melayani penumpang ke jurusan Pacitan, Surabaya, Wonogiri, dan lainnya. Pembagian semacam ini menurut Yosca akan lebih memudahkan penumpang dalam memilih armada sesuai tujuan mereka.

“Jadi, calon penumpang sebelum masuk ke terminal pemberangkatan di lantai paling bawah, akan memasuki kawasan pertokoan di lantai atas,” ujar Yosca.

Yosca mengaku, bercita-cita untuk mengintegrasikan semua komponen transportasi seperti Bus, Kereta Api, Taksi, dan angkutan umum. Bahkan tak hanya terintegrasi dengan kebutuhan transportasi, tetapi juga terhubung dengan pusat-pusat perekonomian.

“Seperti halnya terminal angkutan umum di Singapura, Seoul (Korea Selatan), tidak hanya sistem transportasinya yang terkoneksi, tetapi juga perangkat ekonomi, seperti pasar, mall dan lainnya,” katanya.

Pengoperasian sisi timur ini lebih cepat empat tahun dari rencana semula. Kedepan, terminal Tirtonadi akan dikembangkan menjadi lima lantai. Dari total bangunan lima lantai, kata Yosca memang baru lantai bawah yang telah selesai dibangun. Untuk lantai dua hingga lima, akan mulai dikerjakan pada tahun 2016 dan direncanakan rampung pada tahun 2018.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge