0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tagihan PJU Karanganyar Capai Rp 27 Miliar

timlo.net/nanang rahadian
Flyover Palur (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Beban pajak penerangan jalan umum (PJU) ke Perusahaan Listrik Negera (PLN) Kabupaten Karanganyar, untuk tahun 2015 tembus Rp 27 Miliar. Beban sebesar itu rata – rata digunakan untuk jalan protokol dan sejumlah jalan yang ada di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar.

“Yang paling banyak itu ada di jalan protokol, seperti di jalan Lawu, dan sejumlah jalan lainnya, serta di sejumlah kecamatan yang mempunyai penduduk dengan jumlah jiwa banyak,” terang Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota (DKP) Kabupaten Karangangar, Titis Jawoto, Jumat (18/12).

Titis mengatakan dari data tahun 2012 lalu, tagihan terbanyak ada di kecamatan Colomadu sebesar Rp 149 Juta. Sedangkan kecamatan Jaten, beban tagihan PJU mencapi Rp 137 Juta.

“Kalau terbesar di tahun 2015 ini, secara rinci belum kita kumpulkan, karena proses pendataan masih kita lakukan,” kata Titis.

Titis menjelaskan, untuk mengurangi beban tagihan tersebut bakal melakukan inovasi. Sebagian besar lampu yang sekarang ini memerlukan daya yang besar. Nantinya lampu-pampu tersebut bakal diganti dengan lampu LED dengan daya yang minim namun dihasilkan pencahayaan yang terang.

“Kita bakal berinovasi dengan sistem baru yakni mengganti semua lampu yang ada di jalan protokol dengan menggunakan lampu LED. diharapkan dengan adanya sistem tersebut nantinya tagihan PJU bisa berkurang,” ungkap Titis.

Sementara itu, berdasarkan catatan akhir yang diperoleh oleh DPU, di tahun 2014 ada penambahan lima buah lampu high mast yakni di perempatan Papahan, Bejen, alun-alun tengan, Barat, dan di taman Pancasila. Serta untuk PJU tenaga surya ada sebanyak 99 titik. Sedangkan di tahun 2015, tercatat ada penambahan PJU tujuh titik dibelakang rumah sakit. 22 titik di Colomadu, 23 titik di nDayu, Gondangrejo, dan juga tiga titik High Mast di perempatan Satlantas, Terminal Jatipuro, serta terminal wisata Kemuning, Ngargoyoso.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge