0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jepang Segera Bebaskan Visa Bagi WNI

merdeka.com
Pembicaraan dua negara, RI-Jepang (merdeka.com)

Timlo.net – Pembebasan visa kunjungan dari Indonesia ke Jepang bakal terealisasi. Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi bersama Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu bertemu dengan koleganya Menlu Jepang Fumio Kishida dan Menhan Jepang Gen Nakatani di Ibu Kota Tokyo, Kamis (17/12) membahas masalah tersebut.

“Kedua Menteri juga menyepakati fasilitas bebas visa kunjungan singkat bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, dalam keterangan tertulis.

Pembebasan visa ini menyusul kesepakatan kedua negara meningkatkan hubungan antar warga. Sebelumnya, Jepang telah memberikan bebas visa kepada WNI pemegang e-passport, tapi dengan beberapa prasyarat.

Jepang adalah salah satu mitra dagang terbesar Indonesia, dengan nilai perdagangan USD 40,17 miliar sepanjang tahun lalu. Investasi Jepang merupakan ketiga terbesar di Indonesia, mencapai USD 2,7 miliar pada 2014 saja.

Pertemuan 2+2 ini merupakan mandat dari pertemuan Presiden Jokowi dan PM Abe pada Kunjungan Kenegaraan ke Tokyo, 23 Maret 2015. Forum ini bertujuan tidak saja untuk membahas isu-isu bilateral yang strategis namun juga forum bagi kedua negara untuk membahas perkembangan kawasan secara komprehensif.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge