0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bukit Gandring Longsor, Rumah Warga Tertimbun

dok.timlo.net/tarmuji
Polisi membantu warga membersihkan timbunan material longsoran yang menimpa rumah warga (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Bencana tanah longsor kembali terjadi di Wonogiri, tepatnya di Bukit Gandring, di Dusun Gandring RT3/RW4, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro. Bukit yang mempunyai kemiringan 30 derajat tersebut longsor menimpa rumah warga. Beruntung tidak ada korban jiwa. Akibat tanah longsor itu, kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

“Satu rumah, yakni milik Tukijan (41), terkena material longsor. Dindingnya jebol dan sebagian atap rumahnya tertimbun longsoran. Sedang kejadiannya Jumat dinihari,” ungkap Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, Jumat (18/12).

Dikatakan, sebelum  longsor melanda, terlebih dahulu, wilayah Desa Pucung dan sebagian besar Kecamatan Kismantoro, diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

“Untuk kerugian matriel mencapai Rp 7 juta. Saat ini, kami sudah mengirimkan bantuan logistik,” terangnya.

Ditambahkan, ada beberapa daerah di Kecamatan Kismantoro yang berada pada lereng perbukitan. Daerah itu rawan terjadi pergerakan tanah dalam bentuk material longsoran. Ironisnya, sebagian bukit itu dijadikan hunian penduduk.

“Kami telah mengimbau kepada warga yang tinggal di perbukitan atau lereng yang miring terlalu curam, untuk waspada, terutama ketika turun hujan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge