0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Resahkan Pengguna Jalan, 13 Pengamen Diciduk Polisi

Belasan pengamen diamankan Satuan Sabhara Polres Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Belasan pengamen diciduk Satuan Sabhara Polres Klaten dalam operasi premanisme di sepanjang Jalan Yogya-Solo, Kamis (17/12) siang. Mereka diduga sering memaksa para pengguna jalan dalam meminta uang saweran.

“Kami berhasil menjaring 13 pengamen dalam razia siang ini,” kata Kaur Bin Ops (KBO) Sat Sabhara Polres Klaten, Iptu Muhari.

Sasaran razia, kata dia, mulai dari terminal Ir Soekarno Buntalan Klaten sampai ke Prambanan, wilayah Timur Klaten. Sedangkan di sisi barat, dari Klaten Kota sampai Terminal Penggung Ceper.

Pihaknya menerjunkan 35 personel berseragam dan berpakaian preman. Hasilnya, petugas berhasil menjaring belasan pengamen baik yang berada di pinggir jalan, lampu merah, maupun di terminal.

“Banyak pengguna jalan yang mengeluhkan keberadaan pengamen di pinggir jalan. Penampilan yang terkesan berandalan membuat pengguna jalan tidak nyaman dan cenderung ketakutan bila tidak memberi uang,” ucap Iptu Muhari.

Dari 13 pengamen itu, imbuh dia, sebagian besar merupakan wajah lama yang pernah terjaring sebelumnya. Selain akan melakukan pendataan, pihaknya akan melakukan pembinaan.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan beberapa pihak lain untuk mengatasi banyaknya pengamen ini. Untuk yang masih berusia dibawah umur akan kami panggil orangtuanya, sedangkan yang cukup umur akan kami kirim ke panti sosial,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge