0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Donald Trump Sarankan Pemadaman Internet Untuk Lawan ISIS

sudah-pulang-dari-amerika-setya-novanto-mengaku-siap-diperiksa-mkd
Ketua DPR Setya Novanto dan Donald Trump @REUTERS/Lucas Jackson ()

Timlo.net—Jika para teroris menggunakan internet, maka kita harus mematikan internet. Itulah yang disarankan Donald Trump, kandidat presiden dari Partai Republik Amerika Serikat, dalam debat calon presiden terakhir yang ditayangkan kemarin.

Trump kemudian menambahkan jika Amerika Serikat (AS) harus mematikan internet di negara-negara yang dikendalikan ISIS seperti Suriah dan Irak. Dalam sesi debat itu, para calon kandidat presiden diminta memberikan saran bagaimana mencegah internet digunakan oleh teroris dan penjahat lainnya. Ada yang menyarankan NSA menyadap lebih banyak panggilan telepon hingga pemerintah menghack Cina.

Ide Donald Trump sendiri dianggap yang paling ambisius. Para ahli berkata jika hal itu hampir mustahil untuk dilakukan. Untuk mematikan jaringan internet, maka penyedia layanan internet baik yang ada di bumi dan yang menggunakan satelit harus bekerja sama. Pilihan lain adalah AS mengirim pasukannya untuk menghancurkan para penyedia internet jika mereka menolak. Bahkan sekalipun mereka menyerang jaringan infrastruktur internet seperti menara dan komputer, masih ada satelit yang bisa dipakai untuk mengakses internet.

“Mencegah seluruh populasi untuk mengakses informasi dasar akan menjadi bencana untuk hak asasi manusia, khususnya di daerah-daerah di dunia yang sudah hancur karena perang,” kata Thomas Ristenpart, seorang profesor ilmu komputer dari Cornell Tech. Kemampuan menemukan informasi dari internet yang terhubung ke smartphone terbukti penting bagi pengungsi Suriah.

Sumber: CNET.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge