0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPCBN Setuju Wahana Permainan Sekaten Pindah dari Vastenburg

dok.timlo.net/daryono
Wahana permainan Sekaten di Benteng Vastenburg (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Komunitas Peduli Cagar Budaya Nusantara (KPCBN) mendukung langkah Penjabat (Pj) Walikota Solo Budi Suharto yang meminta wahana permainan Sekaten harus pindah dari Benteng Vastenburg. Keberadaan wahana permainan Sekaten selama sebulan tersebut dikhawatirkan merusak Benteng sebagai benda cagar budaya (BCB).

“Saya sepakat dengan Pj Walikota, Kamis (hari ini) merupakan deadline terakhir untuk pindah dari Benteng Vastenburg,” kata Ketua Presidium KPCBN, Agus Anwari saat ditemui wartawan, Kamis (17/12).

Menurut Agus, setiap kegiatan yang dilakukan lebih dari dua hari di kawasan BCB harus mendapat persetujuan Balai Pelestari Benda Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. Namun, tanpa menunggu rekomendasi BPCB Jateng pun, wahana permainan Sekaten sebaiknya langsung dipindah ke Alun-alun Kidul.

Dari sisi estetika, lanjut Agus, wahana permainan dan pedagang Sekaten di Benteng Vastenburg juga terlihat kumuh. Keberadaan wahana dan pedagang selama satu bulan dikhawatirkan merusak BCB.

“Misalnya tembok diorek-orek, vandalisme ada disitu, apa bisa dijamin? Walaupun dikatakan akan menjamin pelestarian, tapi kayak apa, bentuknya kayak apa? Metodenya kayak apa? Itu yang perlu kita pertanyakan. Maka untuk menghindari hal-hal itu, seharusnya segera pindah semuanya, tidak terkecuali,” ungkap dia.

Untuk diketahui, kemarin Pj Walikota Solo Budi Suharto memberi batas waktu kepada pengelola Sekaten untuk memindah wahana permainan ke Alkid. Pj Walikota memberi batas waktu hingga Kamis (17/12) ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge