0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bromo Erupsi Sebesar Ini? Ternyata Hanya Hoax

merdeka.com
foto hoax (merdeka.com)

Timlo.net – Foto hoax soal erupsi Gunung Bromo tersebar di media sosial. Beberapa gambar seolah Gunung Bromo erupsi besar disebarkan ke dunia maya oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Beberapa hari ini saya menerima beberapa gambar erupsi Gunung Bromo dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Ayu Dewi Utami, Kamis (17/12).

Ayu mengungkapkan, gambar-gambar tersebut menciptakan suasana kurang kondusif di masyarakat. Keberadaan seperti yang ada dalam foto-foto yang tersebar tersebut sama sekali tidak benar.

“Perlu saya klarifikasi bahwa banyak di antara gambar tersebut adalah gambar erupsi Gunung Bromo tahun 2004 atau 2010,” tegasnya.

Kondisi seperti gambar tersebut jika gempa tremor Gunung Bromo mencapai 40 mm. Padahal gempa tremor sekarang dalam rentang 4-36 mm dengan dominan pada 10 mm.

Kondisi Gunung Bromo sendiri saat ini tetap dalam status siaga, dengan tinggi asap 1250-1500 mdmk. Asap kelabu kehitaman mengarah ke barat laut.

Pihaknya juga meminta kepada media massa agar melakukan klarifikasi terhadap setiap pemberitaan. Kalaupun membutuhkan gambar situasi Gunung Bromo dapat menggunakan gambar koleksi TNBTS yang setiap hari diupdate.

“Saya minta klarifikasi kebenaran info yang diterima, kepada BB TNBTS atau PVMBG, pihak yang setiap hari langsung mengawasi kondisi Gunung Bromo,” katanya.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge