0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Wonogiri

Guru SMKN 2 Wonogiri Dinyatakan Langgar Disiplin PNS

dok.timlo.net/tarmuji
Kepala BKD Wonogiri, Rumanti Permanandyah (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Lantaran terlibat aktif dalam politik praktis di helatan Pilkada serentak 2015, seorang guru SMK Negeri 2 Wonogiri, AR, dinyatakan melakukan pelanggaran disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Dia (AR) terlibat pelanggaran sedang disiplin PNS, saat ini masih proses sidang,” terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti Permanandyah, Kamis (17/12).

Menurutnya, AR terjerat kasus aktif berkampanye dalam perhelatan Pilkada Wonogori 2015. Guru mata pelajaran Matematika tersebut mempengaruhi sejumlah murid untuk mengajak orangtuanya memilih salah satu pasangan calon (Paslon). Di sisi lain, keputusan soal pelanggaran sedang itu didapat saat sidang kali pertama. Dengan mempertimbangkan rekomendasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), serta instruksi Pejabat (Pj) Bupati, dinyatakan AR melanggar disiplin.

“Kami juga sudah memeriksa yang bersangkutan (AR) maupun pihak sekolah,” katanya.

Soal hukuman yang akan diberikan, Rumanti belum bersedia memastikan. Pasalnya masih harus menunggu sidang lanjutan yang rencananya bakal digelar pekan depan. Yang pasti, ada dua jenis hukuman yang akan ditentukan di sidang nantinya.

“Kalau tidak penundaan kenaikan tingkat selama satu tahun, ya penundaan gaji berkala selama satu tahun,” ujarnya.

Ditambahkan, selain AR, ada lagi PNS yang terkena hukuman disiplin. Yakni seorang pegawai di lingkunganĀ  Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Wonogiri. Hanya saja, dia lebih bernasib baik, lantaran hanya dikenai hukuman ringan, yakni dikenai teguran langsung dari pimpinannya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge