0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rektor, Dosen dan Mahasiswa Uniba Main Ketoprak

Pentas ketoprak (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 20 civitas akademika Universitas Islam Batik (Uniba), terdiri mahasiswa, dosen, karyawan dan pimpinan, serta pengurus yayasan akan ikut serta adu akting dengan seniman-seniwati Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS).

“Di antaranya Rektor Uniba Surakarta, Prof Dr Ir H. Endang Siti Rahayu MS,” ungkap Humas KSMS Suharno melalui rilis yang diterima Timlo.net, Kamis (17/12).

Sementara itu, Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro menjelaskan, pentas ketoprak gabungan ini mengangkat lakon serial Anglingdarmo, episode Bremono Kembar. Pihaknya menyambut gembira atas kepedulian Uniba bersedia bergabung dalam pentas yang akan digelar Sabtu (19/12) pukul 20.30 WIB, di Gedung Kesenian Balekambang.

“Lakon Bremono Kembar kami persiapkan sebagai sebuah tontonan segar, menarik, sekaligus mengandung  pesan moral tentang budi pekerti ‘wong urip kuwi kudu urup, ojo mung rebut bener’, gayeng dan ger karena diperkuat pelawak Bogang Cs,” ujarnya.

Eko Sutarno memaparkan, Bremono Kembar mengisahkan ketidakmampuan Prabu Darma Waseso, Raja Bojonegoro, saat dihadapkan masalah yang sangat pelik, salah satu warganya bernama Bremono, suami dari Nyai Bremani, kembar menjadi dua.

Semuanya mengaku Bremono asli. Nyi Bremani yang tengah hamil tua pun, tidak bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.  Di sisi lain para raja sewu negoro, melamar anak gadisnya yang bernama Dewi Ambarawati, semuanya mendesak ingin dijadikan anak menantu, bila tidak akan membuat kerusuhan di Bojonegoro.

“Prabu Darma Waseso akhirnya membuat sayembara, barang siapa yang bisa menunjukkan Bremono asli akan diangkat sebagai anak menantu,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge