0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Ulang Tahuan Ke-245 Beethoven

Beethoven. (Dok: Timlo.net/Google.)

Timlo.net—Ludwig van Beethoven adalah salah satu komposer musik paling terkenal dan berpengaruh sepanjang masa. Dia paling dikenal untuk sembilan simfoni miliknya, yang digambarkan sebagai fondasi peradaban barat.

Hari kelahiran Ludwig sendiri masih belum jelas, tapi 17 Desember 2015 menandai 245 tahun pembaptisannya, sebuah perayaan yang dianggap Google layak dirayakan dengan sebuah doodle khusus.

Guru musik pertama Ludwig adalah ayahnya, Johann van Beethoven, yang merupakan seorang penyanyi. Menurut legenda, sang ayah adalah guru yang keras, dan Beethoven kecil seringkali disuruh berdiri di depan keyboard sembari menangis.

Pada usia 10 tahun, ayah Ludwig memutuskan tidak menyekolahkannya dengan harapan bisa menghasilkan uang dari bakat anaknya itu. Sebagai hasilnya, tulisan tangan Beethoven begitu buruk sehingga para ahli musik kesulitan memeriksa keaslian tanda tangannya.

Saat tumbuh dewasa, Ludwig menjadi seorang dengan kepribadian galak, tapi dia juga bisa membanjiri teman-temannya dengan kebaikan dan kemurahan yang berlebih. Dua saudaranya meninggal muda, dan menjadi anak tunggal.

Dia mengalami cinta bertepuk sebelah tangan dua kali. Walaupun kehidupan percintaannya memberikan dia derita lebih banyak dibandingkan kebahagiaan, banyak orang percaya kegalauannya menjadi sumber dari beberapa karya terhebatnya seperti Für Elise dan the Moonlight Sonata.

Ludwig mulai kehilangan pendengarannya di puncak karirnya. Dia juga memiliki detak jantung tidak beraturan yang dipercaya menginspirasi karya-karya musiknya. Walaupun mengalami kondisi kesehatan seperti ini, karirnya di bidang musik terus maju dan dia memegang peranan penting dalam transisi antara era klasik dan romantis dalam musik barat.

Seperti yang dikatakan Mozart, “Suatu hari (anak itu) akan memberikan dunia sesuatu untuk dibicarakan.” Dan memang karya-karya Beethoven menjadi karya yang abadi. Doodle kali ini diciptakan oleh Leon Hong, seniman Nate Swinehart dan teknisi Jonathan Shneier dan Jordan Thompson. Doodle itu berbentuk sebuah puzzle animasi musikal, menceritakan perjalan Ludwig ke tempat pertunjukkan musik setelah catatan musiknya dimakan oleh seekor kuda.

Kita diminta menyusun catatan musik ke dalam urutan yang benar untuk menciptakan karya musik terkenal Beethoven seperti Fifth Symphony, Für Elise, Moonlight Sonata dan Ninth Symphony (Ode to Joy).

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge