0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Camat Sambirejo, Bawaslu : Satu-satunya di Indonesia

timlo.net/agung widodo
Anggota Bawaslu Jawa Tengah, Teguh Purnomo. (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sidang gugatan perdata Camat Sambirejo, Suhariyanto sebagai penggugat dengan Panwaslu Sragen sebagai tergugat mendapat perhatian khusus dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah. Ketua Bawaslu Jateng, Abhan dan Anggota Bawaslu, Teguh Purnomo menyempatkan diri hadir dalam sidang perdana yang digelar di Pengadilan Negeri Sragen, Rabu (16/12).

“Saya kira kita menghormati siapa pun yang ingin menguji apa yang dilakukan Panwaslu. Tapi yang jelas kenapa Bawaslu datang, karena kita sebagai induk dari Panwaslu Sragen harus datang dan membackup,” kata Teguh Purnomo ketika ditemui wartawan usai sidang.

Menurut Teguh, apa yang dilakukan Panwasslu Sragen dalam melakukan penyitaan terhadap barang bukti berupa ratusan sembako dan sebuah mobil pickup telah sesuai dengan aturan. Melalui gugatan perdata ini apa yang dilakukan oleh Panwaslu Sragen diuji kebenarannya.

“Waktu itu memang barang bukti diamankan pengawas, tetapi yang perlu dingat bahwa waktu itu pengamanan juga berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Jadi bukan semata-mata dilakukan oleh Panwas. Oleh karena itu saya kira kita sangat menghormati proses pengadilan, apa pun putusannya kita siap untuk melaksanakan,” papar Teguh.

Teguh mengungkapkan kasus Pilkada di Kabupaten Sragen memang lebih menarik dibanding kabupaten/kota lain di Jawa Tengah. Pasalnya, selain kasus temuan Panwaslu berlanjut sampai ke pengadilan, juga kebetulan pelakunya adalam Aparat Sipil Negara (ASN). Bahkan kasus di Sragen tersebut menurutnya merupakan satu-satunya di Indonesia.

“Saya kira ini satu-satunya putusan Pengadilan Negeri di Indonesia terkait masalah Pilkada yang menempatkan terdakwa atau pelakunya sampai putusan, bukan percobaan. Tetapi ini putusan yang memungkinkan pelaku masuk dalam tahanan. Jadi ini memang harus dikawal,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge