0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Karanganyar ’Mbayari’ Tagihan PPJU Flyover

timlo.net/nanang rahadian
Flyover Palur (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Sesuai dengan surat perjanjian antara PT PLN dan Bina Marga Provinsi Jateng serta Pemkab Karanganyar. Pajak penerangan jalan umum (PPJU) yang ada di sekitar Flyover bakal menjadi tanggungan Pemkab Karanganyar.

”Kami tidak masalah dan siap saja karena memang manfaat terbesar dari proyek fly over itu dinikmati oleh Karanganyar,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Titis Jawoto, Rabu (16/12).

Titis mengatakan meski besaran PPJU untuk flyover Palur belum bisa dihitung. Namun semua sudah diperkirakan dan sesuai dengan perjanjian awal dahulu. Dikatakan Titis, saat ini PPJU untuk flyover Palur belum bisa difungsikan sambil menunggu penyempurnaan pembangunan flyover.

”Jadi sekalian sambil menunggu pengoperasian secara sempurna, karena listrik untuk PPJU di sekitar kawasan Palur juga masih belum difungsikan. Mungkin nanti masuk ke tagihan PPJU Pemkab Karanganyar tahun 2016,” kata Titis.

Dia mengatakan, data tahun 2012 dari PT PLN, titik PPJU yang ditanggung Pemkab Karanganyar sebanyak 34.477 titik. Kemudian tahun-tahun berikutnya ada penambahan misalnya lampu highmass yang dipasang di dalam kota, Tawangmangu, Jatipuro dan Colomadu.

”Kami bekerjasama dengan ATMI (Akademi Teknik Mesin Industri) untuk mengembangkan teknologi penerangan jalan umum yang lebih efisien. Salah satunya menggunakan LED dan juga pemakaian teknologi tenaga surya,” jelas Titis.

Diharapkan pembayaran tagihan PPJU di Karanganyar bisa turun atau minimal tetap namun ada tambahan perluasan titik PPJU. Intinya tetap sama, karena semua memakai teknologi yang lebih efisien.

”Tagihan PPJU tahun 2014 sebesar Rp 37 miliar. Nah, kami menargetkan ke depan pembayaran lebih turun, atau minimal tidak bertambah meski titik penerangan jalannya bertambah. Sebab semua menggunakan teknologi yang lebih efisien,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge